Perkuat Jaringan Global lewat Partisipasi dalam Konferensi Pendidikan China-ASEAN

Malang, IP-2024 China-ASEAN Edu- cation Cooperation Week menjadi ajang penting bagi para akademisi dan praktisi pendidikan untuk berdiskusi dan berbagi pandangan. Pasalnya di era pasca pandemi, dunia pendidikan menghadapi tantangan dan peluang baru dalam upaya meningkatkan kua- litas dan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan global.

Ajang 2024 China-ASEAN Educa- tion Cooperation Week menjadi fo- rum penting bagi pertukaran ide di kalangan akademisi. Termasuk Dr. Eva Handriyantini, Ketua STIKI Ma- lang turut hadir dalam acara yang diselenggarakan di Guiyang pada 23- 25 Agustus 2024 ini.

Dalam acara tersebut, Dr. Eva Handriyantini, S.Kom., M.MT., Ketua STIKI Malang memenuhi undangan dalam diskusi yang membahas topik- topik krusial, seperti pengajaran ba- hasa Mandarin dan keterampilan vo- kasional pasca COVID-19.

dalam kegiatan serupa. Pengalaman ini memberikan Dr. Perspektif mendalam Eva mengenai perkembangan kerja sama pendidikan antara negara-negara ASEAN dan Tiongkok.

Pada diskusi itu, Dr. Eva menyoro- ti pentingnya kolaborasi lintas negara untuk memperkuat kualitas pendidi- kan, khususnya di Indonesia. Dengan fokus pada peningkatan keterampilan vokasional dan pengajaran bahasa Mandarin, STIKI Malang berharap dapat membuka peluang baru bagi para mahasiswa untuk bersaing di pasar global yang semakin kompetitif. Selama acara, Dr. Eva berinteraksi dengan berbagai delegasi, termasuk dari institusi China, serta delegasi perguruan tinggi dari Malaysia, Thai- land, dan Timor Leste. Diskusi yang berlangsung tidak hanya memperkaya wawasan para peserta, tetapi juga membuka jalan bagi kolaborasi antar perguruan tinggi di masa depan.

Partisipasi Dr. Eva di China-ASEAN Education Cooperation Week bukan- lah yang pertama kali. Sebelumnya, pada tahun 2017 ia juga pernah terlibat

Dr. Eva mengapresiasi kontribu- si aktif dari para delegasi, yang turut memperdalam diskusi dan membawa perspektif baru yang dapat diterapkan dalam konteks pendidikan di negara masing-masing. Ia juga menekankan pentingnya menjalin hubungan yang lebih erat untuk memajukan kualitas &玛琅信, pendidikan di kawasan Asia Tenggara dan sekitarnya.

Keikutsertaan Dr. Eva dalam 2024 China ASEAN Education Cooper- ation Week memperkuat komitmen STIKI Malang dalam berperan aktif di forum internasional. Dengan terus menjalin kerja sama dan mengikuti perkembangan global, STIKI Malang berusaha memberikan yang terbaik bagi dunia pendidikan Indonesia.

Partisipasi tersebut diharapkan dapat membuka lebih banyak pe- luang bagi mahasiswa dan dosen STIKI Malang untuk terlibat dalam program-program pendidikan inter- nasional yang inovatif dan berkelanjutan.