Malang, IP – Di tengah ketatnya per- saingan pasar, digital marketing men- jadi solusi bagi peternak untuk mem- perluas peluang pasar, menghemat biaya, meningkatkan interaksi dengan konsumen, dan memudahkan evalua-

si kampanye pemasaran. Namun Karang Taruna dan kelom- pok petani peternak yang berperan penting dalam ekonomi lokal, sering- kali kekurangan pengetahuan dan ket- erampilan dalam digital marketing.

Merespons kebutuhan tersebut, Dinas Peternakan dan Kesehatan He- wan Kabupaten Malang bekerja sama dengan STIKI Malang menyelengga- rakan pelatihan dan pelatihan teknis di bidang digital marketing. Inisiatif ini sejalan dengan tugas dinas untuk meningkatkan produktivitas sektor peternakan dan memastikan kese- hatan hewan.

Dalam hal tersebut, STIKI Malang kembali menegaskan komitmen un- tuk berperan aktif dalam pemban- gunan masyarakat melalui program pengabdian kepada masyarakat yang telah sukses dilaksanakan.

STIKI Malang melalui program pengabdian masyarakatnya itu, ber- hasil mengadakan Pelatihan dan Bimbingan Teknis Digital Marketing untuk Karang Taruna dan kelompok petani peternak setempat.

Pelatihan yang sudah terlaksana

dari tanggal 3 hingga 11 Juli 2024 ini bertujuan untuk meningkatkan peng- etahuan dan keterampilan peserta da- lam memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran.

Para peserta dilatih oleh dosen- dosen STIKI Malang yang berpengala- man, seperti Ahmad Zakiy Ramadhan, S.Sn., M.Sn., Adita Ayu Kusumasa- ri, S.Sn., M.Sn., Adnan Zulkarnain, S.Kom., M.MSI, dan Nira Radita, S.Pd., M.Pd. Mereka diberikan pengetahuan tentang strategi digital marketing, penggunaan media sosial, dan alat digital lainnya yang efektif.

Program ini diadakan di Dinas Pe- ternakan dan Kesehatan Hewan Ka- bupaten Malang dengan tujuan untuk memberdayakan komunitas lokal. Mel- alui pelatihan digital marketing, STI- KI Malang berharap dapat memban- tu para peternak dalam memperluas pasar produk mereka, meningkatkan penjualan, dan pada akhirnya men- dukung pertumbuhan ekonomi lokal.

Peserta diajarkan cara membuat dan mengelola konten pemasaran yang menarik serta membangun toko online atau memanfaatkan market- place yang ada.